Tips Memilih Lip Balm dan Manfaatnya

Meski sama-sama memiliki fungsi untuk mempercantik tampilan wajah, namun ada beberapa perbedaan antara lip balm dan lip gloss yang seringkali tidak disadari oleh penggunanya. Kekeliruan ini tidak jarang memunculkan kesalahan dalam pemakaian. Sehingga tata rias dan make up yang dilakukan tidak memunculkan kecantikan yang maksimal.

Perbedaan lip gloss dan lip balm

Fungsi utama dari lip gloss adalah untuk memperindah bibir agar bisa terlihat mengkilau dan berkilap. Kosmetik ini memiliki kandungan zat yang dapat membuat bibir jadi lembab. Tetapi ketika dibanding dengan lip balm, daya kerja zat pelembabnya kurang berjalan secara efektif.

Lip balm sendiri adalah jenis kosmetik yang bermanfaat untuk melindungi sekaligus menjaga bibir agar tetap lembab. Kosmetik ini terdiri dari beberapa macam bentuk yaitu cair, stik dan krim.

Selain itu produk ini sangat baik untuk mengatasi masalah bibir pecah-pecah dan kering. Tapi sebelum membeli harus selalu diperhatikan kandungan yang ada didalamnya. Salah satu cara memilih lip balm dengan kualitas terbaik adalah, lip balm tersebut mengandung bahan alami dan tabur surya. Sehingga bibir bisa terlindungi dari pancaran sinar ultra violet.

Hindari lip balm yang mempunyai kandungan minyak peppermint atau fenol jika tujuannya adalah untuk melembabkan bibir. Kedua kandungan tersebut memang bisa diandalkan untuk mengatasi bibir yang terkelupas, tapi pada sisi yang lain justru akan mengurangi kelembaban bibir tersebut.

Lebih baik memilih lip balm yang mempunyai kandungan emmolient. Kandungan ini selain dapat membuat bibir jadi lembab juga melembutkan dan menyehatkan. Emmolient ini terbuat dari beberapa macam bahan alami seperti minyak almond, minyak jojoba, beeswaxk, cocoa butteer, shea butter atau petrolatum.

Lip balm yang mengandung synthetic ceamides juga bisa dipilih sebab memiliki kemampuan lebih tinggi melindungi bibir dari pancaran sinar ultraviolet. Selain itu dapat pula memilih lip balm yang punya kandungan zinc oxide yang juga mampu berperan sebagai tabir surya untuk bibir.

Kamu pasti punya lipbalm dong ya, di make up pouch-mu?

Kamu pasti punya lipbalm dong ya, di make up pouch-mu?

Manfaat Menggunakan Lip Balm Untuk Bibir Dan Tubuh

Manfaat Menggunakan Lip Balm Untuk Bibir Dan Tubuh

Manfaat lip balm

Selain untuk mengatasi bibir pecah-pecah atau bibir kering, sebenarnya masih ada beberapa manfaat lip balm lainnya yang selama ini belum diketahui oleh orang awam terutama kaum wanita.

Seperti yang sudah dijelaskan di muka, lip balm juga dapat dipakai untuk melembabkan serta dan memberi perlindungan wajah dari paparan sinar ultra violet. Paparan cahaya yang berasal dari matahari yang sering membuat kulit jadi rusak, kering dan kehitam-hitaman.

Untuk mendapatkan perlindungan yang lebih optimal, gunakan lip balm yang berbentuk krim atau cair. Jadi jangan yang bentuknya stik, sebab bisa boros dan kurang praktis dipakai untuk memberi usapan pada kulit wajah.

Bukan hanya wajah saja, apabila ingin memperindah hasil tata rias di bagian mata, juga dapat memakai lip balm. Caranya kelopak mata diolesi lip balm secara tipis-tipis saja. Setelah itu hasil tata rias mata akan terlihat unik karena bisa memunculkan semacam bayangan di bagian kelopak mata tersebut.

Selain itu masih ada fungsi lip balm yang lain, yaitu untuk melembabkan siku dan tumit atau lutut. Bagian ini juga sering menjadi kering dan bisa dilindungi dengan lip balm melalui cara yang sama. Demikian pula dengan jari-jari dan kuku, juga bisa dilembabkan dengan lip balm.

Selanjutnya untuk pipi, lip balm mampu memunculkan efek yang lebih merona pada bagian tersebut sehingga terlihat makin alami. Lip balm ini juga bisa difungsikan sebagai pengganti blush on jika sedang kehabisan.

Lalu untuk rambut, lip balm ternyata juga dapat dipakai untuk menghaluskan rambut kering agar menjadi lebih halus dan lembab. Caranya, panaskan lip balm yang bentuk padat hingga mencair, kemudian dioleskan pada rambut dan kulit kepala.

Dari sisi kesehatan, lip balm juga mempunyai manfaat yang tidak kalah besar. Serangan pilek biasanya sering membuat kulit di bagian hidung jadi terkelupas. Agar luka dari pengelupasan tersebut bisa disembuhkan, oleskan lip balm pada bagian yang terluka. Darah yang mengucur karena terkena irisan pisau juga dapat dihentikan dengan cara yang sama.

Itulah beberapa manfaat lip balm yang selama ini kurang begitu diketahui oleh perempuan dan orang lain. Semoga setelah membaca informasi ini bisa memakai perlengkapan kosmetik ini secara maksimal, bukan hanya untuk tata rias wajah saja.

error: Content is protected !!